Pengertian Besaran dan Satuan

Pengertian Besaran dan Satuan

Posted on

Pengertian Besaran dan Satuan – Setelah sebelumnya update posting tentang Pengertian Bilangan Bulat Dan Contohnya, kali ini Materi Pelajaran akan membahas mengenai Pengertian Besaran dan Satuan.

Pengertian Besaran dan Satuan

Pengertian Besaran

Besaran adalah sesuatu yang dapat di ukur dan dinyatakan dalam nilai dengan satuan-satuan tertentu. Dalam pengertian yang lain, besaran dapat juga diartikan sebagai pernyataan yang mengandung pengertian ukuran dan memiliki satuan atau hal-hal yang akan diketahui ukurannya.

 

Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa sesuatu itu dapat dikatakan sebagai besaran harus mempunyai 3 syarat yaitu

  1. Dapat diukur atau dihitung
  2. Dapat dinyatakan dengan angka-angka atau mempunyai nilai
  3. Mempunyai satuan

Bila ada satu saja dari syarat tersebut diatas tidak dipenuhi maka sesuatu itu tidak dapat dikatakan sebagai besaran.

Besaran berdasarkan cara memperolehnya dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu :

  1. Besaran Fisika yaitu besaran yang diperoleh dari pengukuran. Karena diperoleh dari pengukuran maka harus ada alat ukurnya. Sebagai contoh adalah massa. Massa merupakan besaran fisika karena massa dapat diukur dengan menggunakan neraca.
  2. Besaran non Fisika yaitu besaran yang diperoleh dari penghitungan. Dalam hal ini tidak diperlukan alat ukur tetapi alat hitung sebagai misal kalkulator. Contoh besaran non fisika adalah Jumlah.

Dalam fisika besaran dibagi menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran Pokok adalah besaran yang ditentukan lebih dulu berdasarkan kesepatan para ahli fisika. Besaran pokok yang paling umum ada 7 macam yaitu Panjang (m), Massa (kg), Waktu (s), Suhu (K), Kuat Arus Listrik (A), Intensitas Cahaya (cd), dan Jumlah Zat (mol). Besaran pokok mempunyai ciri khusus antara lain diperoleh dari pengukuran langsung, mempunyai satu satuan (tidak satuan ganda), dan ditetapkan terlebih dahulu. Sedangkan,

Baca Juga :  Penjelasan tentang Memahami dan Menggunakan Imbuhan Ter-, Ter-kan, Ter-I

Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran ini ada banyak macamnya sebagai contoh gaya (N) diturunkan dari besaran pokok massa, panjang dan waktu. Volume (meter kubik) diturunkan dari besaran pokok panjang, dan lain-lain. Besaran turunan mempunyai ciri khusus antara lain : diperoleh dari pengukuran langsung dan tidak langsung, mempunyai satuan lebih dari satu dan diturunkan dari besaran pokok.

Saat membahas bab Besaran dan Satuan maka kita tidak akan lepas dari satu kegiatan yaitu pengukuran. Pengukuran merupakan kegiatan membandingkan suatu besaran dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan.

Pengertian Satuan

Satuan adalah sesuatu yang digunakan untuk menyatakan ukuran besaran. Pengertian satuan lainnya adalah sebagai pembanding dalam suatu pengukuran besaran. Setiap besaran mempunyai satuan masing-masing, tidak mungkin dalam 2 besaran yang berbeda mempunyai satuan yang sama. Apa bila ada dua besaran berbeda kemudian mempunyai satuan sama maka besaran itu pada hakekatnya adalah sama. Sebagai contoh Gaya (F) mempunyai satuan Newton dan Berat (w) mempunyai satuan Newton. Besaran ini kelihatannya berbeda tetapi sesungguhnya besaran ini sama yaitu besaran turunan gaya.

Satuan dibagi menjadi Satuan baku dan Satuan tak baku.

Satuan baku adalah satuan yang digunakan secara umum, satuan baku disebut juga satuan standar yang telah diakui dan disepakati pemakaiannya secara internasional atau disebut dengan satuan internasional (SI). Contoh: meter, kilogram, dan detik. Sedangkan,

Satuan tak baku adalah satuan yang digunakan di daerah setempat. Pengertian lainnya yaitu, Satuan tidak baku adalah satuan yang tidak diakui secara internasional dan hanya digunakan pada suatu wilayah tertentu saja. Contoh: depa, hasta, kaki, lengan, tumbak, bata dan langkah.

Untuk lebih memahami pengertian besaran dan satuan, perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

  1. Pembalap tersebut mampu mengedarai sepeda motor dengan kecepatan 200 km/jam
  2. Panjang penggaris Budi 32 cm
  3. Eka Santika ke sekolah memerlukan waktu 30 menit
  4. Tinggi pintu Agus 30 jengkal

Kecepatan, panjang, waktu,dan tinggi merupakan besaran, sedangkan 200, 30, 32 dan 10 merupakan nilai besaran. Sementara km/jam, cm, menit dan depha merupakan satuan.

Pengertian Besaran dan Satuan
Ukuran Jengkal

 

Baca Juga :  Cerita Dongeng Malin Kundang dalam Bahasa Indonesia

Sekian posting artikel tentang Pengertian Besaran dan Satuan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *